Berita

Digital Marketing adalah tuntutan era industri 4.0

Jayapura, 08 Agustus 2022

(febi.iainfmpapua.ac.id)-Pada era digital saat ini, digital marketing menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan UMKM. Digital Marketing adalah suatu bentuk kegiatan yang dijalankan oleh pelaku usaha dalam rangka melakukan pemasaran sebuah produk atau merek, baik itu produk barang maupun produk jasa melalui pemanfaatan teknologi informasi digital, seperti menggunakan media elektronik, maupun menggunakan media berbasis internet. Tidak dapat dipungkiri digital marketing memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Penghematan biaya promosi dan jangkauan target pasar yang lebih luas menjadikan pemasaran digital sangat menjanjikan untuk diterapkan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada program studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Melakukan Pengabdian Masyarakat di Distrik Abepura Kepada pelaku UMKM guna memberikan edukasi terkait Digital Marketing. Distrik Abepura memiliki potensi wilayah yang baik dalam kegiatan bisnis. Akan tetapi, masih dijumpai UMKM di Kelurahan Pleburan yang masih memasarkan produknya secara tradisional sehingga para pelaku UMKM memerlukan sosialisasi mengenai digital marketing agar lebih dikenal masyarakat baik warga setempat maupun warga dari luar. Oleh karena itu, mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada program studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah memberikan sosialisasi untuk mengenalkan digital marketing pada para pelaku UMKM.

Pelaksanaan program sosialisasi digital marketing dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Agustus 2022. Media yang digunakan untuk meng-edukasi para pelaku UMKM dengan menggunakan poster. Materi yang diberikan pada sosialisasi ini adalah pengertian digital marketing, bentuk digital marketing, dan manfaat dari penggunaan digital marketing. Selain itu, mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada program studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah juga memberitahu bagaimana cara menggunakan media digital yang baik untuk memasarkan produk yang dihasilkan para pelaku UMKM.

“Melalui sharing pengetahuan dan juga keahlian baik itu teoritis dan teknikal, dan dengan adanya pengabdian ini, sangat membantu bagi anggota UMKM khususnya, agar kedepannya dapat meningkatkan kegiatan kewirausahaan atau ekonomi kreatif , serta dapat mengembangkan UMKM dengan berbasis Informasi dan teknologi terutama dalam penggunaan Digital Marketing,” jelas Muhammad Anwar (Mahasiswa Ekonomi Syariah Semester 5) dalam keterangan rilis pada hari Kamis (04/08).

Sementara itu, Shinta Abdul Rahman, M.Si (Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Pemasaran) mengatakan  dengan Digital Marketing merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan dan dimana outputnya membantu kegiatan promosi UMKM.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku UMKM di Distrik Abepura mendapat wawasan yang bermanfaat bagi pelaku usaha guna meningkatkan penjualannya dan dapat bersaing dengan kompetitor lain. Selain itu, dapat meningkatkan penjualan produk sehingga kesejahteraan masyarakat di Distrik Abepura juga ikut meningkat.

Leave a Reply