Berita

Pelantikan HMPS di Lingkungan FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa perlu terbiasa dengan aktifitas organisasi kampus yang positif untuk persiapan menghadapi dunia kerja. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. Anang Firdaus, M. Fil.I mengemukakan hal ini pada sambutan pelantikan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 03 Maret 2021.

“Ketika menjadi aktivis dan terbiasa berorganisasi di kampus, maka ketika lulus dan menghadapi dunia luar kalian tidak perlu belajar lagi cara untuk berinteraksi, berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain, karena kalian sudah terlatih melakukannya,” terangnya.

Karenanya, ia berharap mahasiswa dapat menjalankan kegiatan organisasi dan memanfaatkan peluang sebagai pengurus organisasi dengan maksimal. “Apapun yang anda buat dan kerjakan usahakan membawa dampak yang signifikan kepada Program Studi dan kampus,” imbuhnya. Anang berharap kepada para pengurus agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi (Kaprodi) Ekonomi Syariah Abdul Karman, MM berharap para pengurus HMPS periode baru ini dapat membawa warna baru di kampus. “Saya berharap pengurus memahami perannya sebagai organisator, apa yang harus diperbuat, dan ketika masa kepengurusan selesai harus ada bukti kegiatan apa saja yang telah dilakukan,” terangnya.

Abd. Karman, M.M (Kaprodi Ekonomi Syariah)

Karman meminta kepada para pengurus HMPS untuk membentuk badan pekerja/perumus yang akan menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang mengacu pada Statuta Institusi. Menurutnya, kegiatan mahasiswa sangat menunjang proses akreditasi di jenjang Prodi. “Untuk tingkat fakultas semoga dapat memberikan perhatian yang serius dalam bentuk pemberian anggaran sehingga kegiatan mahasiswa dapat tersupport dengan baik dan dapat merumuskan program kerja yang lebih kreatif yang memfokuskan pada tumbuh kembang bakat dan minat mahasiswa,” paparnya. Ia menekankan bahwa pergantian pengurus bukanlah hal yang tabu dalam satu periode kepengurusan. “Jika ada teman-teman yang tidak aktif dan tidak berkontribusi dalam kepengurusan organisasi maka silahkan diganti,” jelasnya.

Sementara itu, Kaprodi Perbankan Syariah Fachrudin Fikri Affandy, ME, menyampaikan bahwa Prodi tidak dapat berjalan sendiri tanpa ada bantuan dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah (HIMES) dan HMPS. “Ada hal-hal yang mana HIMES dan HMPS harus mengambil peran dalam berbagai aktifitas di Prodi,” tuturnya. Ia menyampaikan pesan agar para pengurus mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukan dan mempublikasikan ke media sosial.

Fachrudin Fiqri Affandy, M.E (Kaprodi Perbankan Syariah)

Dalam kegiatan tersebut, Dekan FEBi melantik Chandra Prasetyo sebagai Ketua HMPS Ekonomi Syariah dan Azriel Ramadhan sebagai Ketua HMPS Perbankan Syariah.

Pelantikan HMPS yang mengusung tema “Membangun Sinergitas dan Kreatifitas Dalam Wadah Organisasi Serta Membentuk Insan Akademis Untuk Mewujudkan FEBI yang Cerdas” dihadiri oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN FM Papua dengan penerapan protokol kesehatan.

Berita ini sudah tayang sebelumnya di berita iainfmpapua.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.